Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi Yang Lembut Dan Enak

Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi Yang Lembut Dan Enak. Hal yang istimewa dari kue bolu dibandingkan kue lainnya adalah teksturnya yang lembut dan mudah untuk dimakan siapa saja. Mulai dari anak kecil sampai dewasa menyukai jenis kue yang satu ini. Selain itu, kue bolu dapat dibuat dengan beberapa macam cara dan berbagai kreasi. Ada bolu panggang yang menggunakan oven, ada pula bolu kukus yang dapat dibuat dengan mudah bagi yang tidak mempunyai oven. Selain cara membuat, kreasi bolu juga ada bolu biasa yang dibuat berdasarkan rasa dan ada pula yang berlapis-lapis dan berwarna-warni. Nah, bolu jenis ini biasa disebut bolu kukus pelangi.
Disebut bolu pelangi karena dari cara membuatnya yang dibuat berlapis-lapis dengan diberi warna yang bermacam sehingga mirip pelangi. Tentu saja ini akan menambah tampilan menjadi lebih menarik terutama bagi anak-anak yang menyukai berbagai macam warna. Selain warna pelangi, bolu ini juga cukup sederhana pembuatannya karena dibuat dengan cara dikukus. Berikut cara bahan dan cara membuatnya.
Bahan untuk bolu kukus pelangi
  • Telur ayam 4 butir
  • Gula pasir 150 gram
  • Tepung terigu 125 gram
  • Santan kelapa kental 50 ml
  • Garam yang dihaluskan ½ sendok teh
  • Baking powder ½ sendok teh
  • Cake emulsifier 1 sendok makan
  • Margarin secukupnya
  • Pewarna makanan beberapa warna, minimal 3 warna secukupnya.
bolu kukus pelangi
Langkah Bolu Kukus Pelangi Yang Lembut Dan Enak
  1. Masukkan gula pasir, telur, dan cake emulsifier kedalam wadah. Kemudian kocok sampai mengembang dan berubah warna menjadi pucat. Agar mengambang dengan baik disarankan dikocok dengan menggunakan mixer.
  2. Masukkan tepung terigu yang telah diayak secara perlahan-lahan sambil diaduk.
  3. Masukkan baking powder dan garam dan aduk sampai rata.
  4. Campurkan santan kelapa kental kedalam adonan tersebut dan aduk hingga rata.
  5. Setelah adonan siap, bagilah adonan menjadi 3 bagian sama banyak. Kemudian, beri pewarna makanan atau pasta kedalam masing-masing adonan dengan warna yang berbeda.
  6. Masukkan adonan pertama kedalam loyang yang telah dilapisi margarin sampai merata. Setelah rata, masukkan adonan kedua diatasnya. Lakukan hal yang sama pada adonan ketiga.
  7. Siapkan panci dan panaskan terlebih dahulu.
  8. Kukus adonan didalam loyang sampai matang kira-kira 15 menit (atau dicoba dengan ditusuk menggunakan garpu, apabila tidak menempel adonannya berarti bolu telah matang).
Setelah proses mengukus selesai, kue bolu kukus pelangi siap dihidangkan untuk menemani anak-anak maupun keluarga berkumpul. Warna yang yang seperti pelangi yang disukai anak-anak pasti akan menambah minat untuk memakan kue bolu yang lembut dan enak. Anda wajib mencobanya agar anak senang makan hidangan yang anda hidangkan dan mengurangi rasa ingin jajan diluar. Lebih hemat bukan?

Selain bolu kukus pelangi yang mudah membuatnya, apabila suka dengan rasa pandan yang menggoda tidak ada salahnya mencoba juga resep membuat bolu kukus pandan pada postingan masaktiaphari sebelumnya.

Deskripsi: bolu kukus pelangi memiliki tampilan yang menarik dan menjadikan selera untuk memakannya semakin bertambah. Pembuatan yang sederhana juga dapat menghasilkan kue bolu yang lembut dan enak.